Kamis, 09 Oktober 2014

Papua Pulau Indah

          
  Papua Barat adalah pulau Papua yang terletak di bagian barat pulau Papua.Terletak di bagian kawasan kepala burung pulau Papua dan kepulauan-kepulauan di sekelilingnya,bentuk peta Papua yang sangat unik seperti gambar burung.
    Provinsi ini mempunyai potensi yang luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisata. Mutiara dan rumput laut dihasilkan di kabupaten Raja Ampat  sedangkan satu-satunya industri tradisional tenun ikat yang disebut kain Timor dihasilkan di kabupaten Sorong Selatan Sirup pala harum dapat diperoleh di kabupaten Fak-Fak  serta beragam potensi lainnya. Selain itu wisata alam juga menjadi salah satu andalan Irian Jaya Barat, seperti Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang berlokasi di kabupatenTeluk Wondama Taman Nasional ini membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon. 

   Selain alamnya yang masih alami papua mempunyai makanan khas yang biasa nya terbuat dari pohon sagu,yang di namakan ''Papeda''bentuknya itu seperti lendir biasanya di makan dengan kuah ikan ekor kuning ,masyarakat kami sudah tidak asing dengan makanan in biasanya kami menjadikan ini sebagai makanan pokok di dalam keseharian kami .
          
          Budaya papua,kebudayaan papua masih kebudayaan murni karena dalam kesehariannya masih menggunakan peralatan dari batu dan masih bercocok tanam secara tradisional dan berpindah pindah.
selain adat istiadat tarian papua pun banyak ragam dan macamnya semuanya mencerminkan suku yang ada di Papua, umumnya tarian Papua sangat dinamis dan mencerminkan kegembiraan pakain adatnya pun sangat eksotis dengan  hiasan di kepala yang mencerminkan  budaya Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar